Workshop Penyusunan Publikasi Uni Eropa Pasca Brexit

Ilustrasi cover buku
Ilustrasi cover buku

Keluarnya Inggris dari Uni Eropa masih menjadi kajian yang menarik untuk dianalisa bersama. Terdapat berbagai aspek yang perlu dievaluasi atau bahkan diprediksi untuk melihat masa depan kawasan ini dengan Uni Eropa sebagai aktor suprastruktural yang mengelola 27 negara anggotanya.
Oleh karena itu, pada hari Selasa, 12 Mei 2020 yang lalu, diselenggarakan Workshop untuk merancang publikasi ilmiah yang dapat berkontribusi pada kajian Uni Eropa. Workshop dengan tema ‘Peluang dan Tantangan Uni Eropa Pasca Brexit’ ini dilaksanakan melalui media daring. Kegiatan ini berhasil menghadirkan 21 peserta berasal dari berbagai latar belakang profesi dan institusi.

Dalam sambutan pembukaannya, Ketua Umum KIKE, Muhadi Sugiono berterimakasih atas komitmen para akademisi dan praktisi dalam menyusun publikasi ilmiah ini. Karya ilmiah ini diharapkan tidak hanya dapat menjadi luaran pribadi, namun juga dapat menjadi referensi buku ajar pada studi Kawasan Eropa di berbagai universitas di Indonesia. Tersebarnya karya ilmiah di kalangan praktisi dan khalayak umum juga akan menjadi prestasi sendiri dimana itu berarti kajian Eropa perlahan mendapat tempat dan perhatian di masyarakat. Kesadaran terhadap pentingnya Kajian ini diharapkan dapat tumbuh dan mewarnai kajian-kajian lain yang telah ada sebelumnya.
Workshop ini terbagi menjadi beberapa sesi. Sesi pertama berupa pemaparan draft tulisan dari masing-masing peserta. Selanjutnya para dewan pakar KIKE diberikan kesempatan untuk memberikan masukan atas presentasi tersebut. Hendra Manurung selaku ketua Dewan Pengawas dan Muhadi Sugiono secara bergantian memberikan masukan spesifik bagi peningkatan kualitas tulisan. Di akhir acara, sosialisasi terkait sistematika penulisan dan pengutipan disampaikan agar tulisan tersusun dalam format yang sama.

Seluruh tulisan ini nantinya akan disusun dalam tiga kategori tema bahasan. Pertama, yaitu bab Brexit dan Eksistensi Uni Eropa. Pada bab kedua, akan mengupas tentang Transformasi Governance Uni Eropa. Di bagian akhir, Hubungan Internasional Uni Eropa diprediksi dari berbagai sudut pandang.
Karya ini direncanakan rampung pada bulan Juni 2020 dan diharapkan dapat dinikmati pembaca sebelum tahun 2020 berakhir.(fvi)

Print Friendly, PDF & Email

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *